Senin, 11 April 2011

10 Tips Sukses di Bisnis Retail

Bussiness Strategy

10 Tips Sukses di Bisnis Retail

Pernahkah Anda membayangkan sebuah toko dengan warna dinding pink, lantainya dialaskan karpet bermotif binatang, dan wig berwarna menyala menghiasi kepala para karyawannya. Belum lagi barang yang dijual sangat unik dan tak bisa dijumpai di tempat lain.

Seperti itulah suasana Glamdora It’s a Girl Thing, sebuah toko yang menjual beragam benda yang khusus bagi remaja putri. Dengan keunikan di tokonya, para remaja yang bertandang disana seolah merasa di surga. Adalah Margarita Oliveras yang berada di balik sukses Glamdora yang punya outlet di Corpus Christi and San Antonio, Texas. Kesuksesan Glamdora ini kini banyak diperbincangkan dan sang pemilik tak pelit-pelit membagikan resep suksesnya.

LOKASI

1. Where you at?

Pemilihan lokasi yang tepat masih menjadi penentu sukses tidaknya bisnis ritel Anda. Pemilihan lokasi yang tepat akan membuat toko Anda ramai didatangi pembeli, terlebih lagi jika bisnis Anda bukan bersistem franchise. Sesuaikan pula barang dagangan Anda dengan kemampuan daya beli masyarakat sekitar. Jangan sekalil-kali pilih lokasi hanya gara-gara dekat dengan rumah Anda!

2. Big brother.

Jika Anda memilih lokasi di mal atau pusat perdagangan lainnya.selalu jalin kerjasama dengan pihak manajemen gedung. Patuhi aturan-aturan dari mereka sebab semua itu demi kelancaran berbisnis bagi semua pihak.

BARANG DAGANGAN

3. Stocking your shelves.

Pemilihan barang apa saja yang akan dijual selalu menjadi bagian yang tak mudah dan memakan waktu. Jika Anda berbisnis barang konsumsi, kunjungi grosir-grosir dan sediakan waktu yang cukup untuk memilih barang. Tentukan berapa persen Anda dapat mengambil laba dan barang apa saja yang cocok dengan penduduk di lokasi Anda. Jangan malu untuk bertanya kepada pemilik gosir atau sales representative dari masing –masing produk.

4. Keeping a theme

Tentukan tema utama untuk mendesain toko/kios Anda dan jagalah agar tetap konsisen agar tetap terlihat unik. Selain dekorasi, susunan rak, display barang. Dan tentu saja barang yang akan dijual jangan melencengkan dari tema yang sudah dirancang. Tak lucu kan jika kaos bergambar jip off road dijual di toko batik?

5. Stay current and stay true.

Meskipun toko Anda sedang laris. Jangan lupakan untuk memantau perkembangan selera konsumen. Jika bisa, buat prediksi sedini mungkin. Namun jangan tergoda untuk menjual barang yang tidak sesuai tema toko Anda gara-gara barang itu sedang trendi. Dengar pula apa keinginan pelanggan Anda. Tapi biasanya mereka hanya mau menjelaskannya jika Anda bertanya!

PEREKRUTAN

6. Good kids.

Karyawan berusia muda lebih punya energi. Jika memungkinkan, jangan hanya merekrut karyawan yang jujur dan patuh saja. Akan lebih baik jika mereka punya ketertarikan akan bisnis yang anda jalani. Sewaktu mewawancarai calon karyawan, jangan lupa tanyakan apa minat dan hobi.

7. Second in command.

Cek semua CV dan referensi yang disertakan, terutama yang melamar untuk posisi manajemen. Manajer yang baik adalah mereka yang punya pengalaman minimal setahun di posisi manajerial dan lebih bagus lagi jika punya 2 tahun pengalaman di bidang ritel.

8. Loss prevention.

Salah satu masalah yang paling menjengkelkan dalam bisnis ritel adalah kehilangan barang. Pencegahan paling baik adalah pengawasan,dan yang terpenting jangan mengganggu kenyamanan pembeli. Lengkapi dengan kamera pengawas bila perlu. Jika ada barang dagangan kecil dan mudah dikantungi, tempatkan barang itu dalam tempat yang aman atau mudah diawasi.

TARIK MASUK PEMBELI DAN JAGA HUBUNGAN DENGAN MEREKA

9. Everything must go!

Beri tanda khusus bagi barang yang anda obral. Pembeli harus dengan mudah dapat membedakan barang mana yang sedang sale dan mana yang tidak. Beri tanda atau penunjuk arah yang besar dan jelas. Trikyang bagus adalah menempatkan sebagian rak obral di bagian belakang sehingga pembeli harus melewati rak barang-barang yang tidak di diskon. Biasanya mereka juga akan membeli barang yang tak didiskon ini. Tempatkan pula rak diskon dengan barang-barang yang berwarna cerah dan menarik di bagian depan toko sehingga menarik calon pembeli baru.

10. Good as gold

Membina hubungan baik dengan pelanggan adalah kunici sukses. Pembeli adalah setara emas dan mereka harus diperlakukan seperti raja. Costumer service ini bukan hanya soal menyapa mereka dengan ramah, tapi juga membantu membawakan barang ke mobil atau memastikan mereka puas saat berbelanja. Jangan membedakan perlakuan pada pembeli, baik mereka tipepemborong belanjaan atau hanya melihat-lihat saja. Ingat, tak ada promosi dari mulut ke mulut. Apalagi, Anda tak perlu keluar uang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar