Minggu, 26 April 2009

Karya Ilmiah

Latar Belakang



Permasalahan Polusi Udara saat ini telah menjadi kasus Lingkungan Hidup Perkotaan yang harus segera di antisipasi dimana pencemaran udara telah mengancam kesehatan umat manusia.


Pencemaran Udara saat ini bukan lagi masalah lokal tetapi telah mencakup Regional dan bahkan Global termasuk dapat menyebabkan Perubahan Iklim yang menciptakan berbagai bencana.


Tercemarnya udara disebabkan oleh hasil kegiatan manusia yang dapat menghasilkan gas-gas beracun dan partikel diudara, sehingga udara tersebut sudah tidak sehat lagi untuk menunjang suatu kehidupan.


Banyaknya kendaraan bermotor di daerah perkotaan menghasilkan banyak gas CO2 yang berasal dari pembakaran bahan bakar.


Carbon Dioksida (CO2) yang dihasilkan oleh indonesia terbesar pertama : disumbangkan oleh rusaknya hutan di Tanah Air kita. Sumbangan terbesar Kedua : adalah dari hasil pembakaran bahan bakar fosil, yakni bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan dan industri.


Ironisnya saat ini Indonesia dikenal sebagai negara pada peringkat ke 3 terbesar di dunia sebagai penghasil Carbon Dioksida (CO2). Gas CO2 bila jumlahnya cukup banyak akan menyebabkan pemanasan muka bumi.


Peranan Manusia dalam merubah Iklim : Manusia dapat berperan dalam merubah iklim sehingga menjadi panas. Tetapi manusia pula yang mampu berperan merubah iklim tersebut menjadi lebih baik, dengan jalan ikut mengambil bagian dalam setiap penghematan, misalnya, lebih memilih bersepeda atau berjalan kaki daripada naik mobil, ikut mengkampanyekan dampak pemanasan bumi dan menanam pohon sebanyak-banyaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar